Kebiasaan-Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Wajahmu Terlihat Lebih Tua


Kebiasaan-Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Wajahmu Terlihat Lebih Tua
Saat usia bertambah, kita perlu melakukan perawatan ekstra khusus untuk membuat wajah tetap sehat dan terlihat muda. Jangan sampai orang mengira usia kita lebih tua dari usia yang sebenarnya hanya karena kelalaian kita sendiri.



Ada sejumlah kebiasaan yang perlu kita hindari demi menjaga wajah tetap awet muda. Dilansir dari laman elitedaily, ada empat kebiasaan yang bisa bikin wajahmu terlihat lebih cepat tua. Baiknya hindari empat kebiasaan itu demi wajah yang lebih sehat dan awet muda.

Kurang Tidur

Mengatasi masalah kurang tidur dengan secangkir kopi tak akan membantumu mengembalikan kecantikan wajah. Bahkan kurang tidur sedikit saja bisa membuat mata bengkak dan kulit jadi kekuningan. Kalau kebiasaan kurang tidur ini dilakukan dalam jangka waktu lama, efeknya akan muncul mata panda, kulit kusam, hingga muncul garis-garis halus di kulit seperti keriput.

Saat kita kurang tidur, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak kortisol (hormon stres). Kalau tubuh kelebihan kortisol, dampaknya akan merusak kolagen kulit (protein yang menjaga elastisitas dan kelembutan kulit). Selain itu kalau kita tak bisa mendapatkan kualitas tidur malam yang baik, tubuh akan memproduksi sedikit hormon pertumbuhan manusia yang sangat diperlukan untuk mempertebal kulit, meningkatkan massa otot, dan memperkuat tulang.

Tanpa tidur yang cukup, kulit, mata, dan wajah bisa terlihat lebih tua.

Mengonsumsi Gula Berlebih

Perhatikan makanan yang sering kamu konsumsi. Kalau makanan yang kamu konsumsi terlalu banyak mengandung gula, maka akan muncul lebih banyak keriput di kulitmu dan tak lagi kencang.

Saat kita mengonsumsi gula, gula akan diubah jadi glukosa di dalam tubuh dan masuk ke dalam aliran darah yang kemudian menempel ke protein kulit. Saat glukosa sudah menempel, maka molekul baru bernama advanced glycation end products(AGEs) akan terbentuk. Kalau ini sudah terjadi, AGEs bisa merusak elastin dan kolagen kulit yang dapat mengurangi kekencangan dan elastisitas kulit.

Mengonsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol bisa membuat wajahmu terlihat lebih tua. Hati yang sehat merupakan indikator kulit yang sehat karena bisa mengeluarkan racun yang dapat merusak kulit. Minum minuman beralkohol bisa merusak hati, racun dalam hati kemudian bisa menumpuk dan memunculkan masalah kulit seperti keriput dan jerawat.

Merokok

Merokok bisa membuat kulit terlihat lebih tua. Rokok dan tembakau bisa membuat kelopak mata kendur dan menyebabkan keriput di area leher dan mulut. Degenerasi kulit in bisa terjadi karena merokok bisa mengurangi asupan oksigen di kulit dan menghambat sirkulasi darah, sehingga menyebabkan kulit keriput.

Belum lagi dengan dampak buruk merokok yang dapat menumpuk racun di dalam kulit. Kandungan berbahaya rokok dapat mengganggu produksi kolagen di tubuh dan merusak protein kulit.

Singkatnya, kalau ingin kamu terlihat tetap awet muda, mulailah dengan menghindari empat kebiasaan di atas. Nggak mau kan kamu dianggap sudah tua padahal usiamu masih muda hanya gara-gara melakukan kebiasaan yang salah? (vemale/akhwatindonesia)

CAR,HOME DESIGN,HOSTING,HEALTH,SEO