Jangan Dibuang, Biji Pepaya Bermanfaat Untuk Kesehatan!


Jangan Dibuang, Biji Pepaya Bermanfaat Untuk Kesehatan!
Pepaya sudah dikenal sebagai buah yang kaya manfaat bagi kesehatan. Salah satu kandungan pepaya, yaitu betakaroten yang merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Pepaya juga kaya akan vitamin C dan juga tinggi serat yang bermanfaat untuk memperlancar buang air besar atau mencegah sembelit.

Manfaat pepaya ternyata tak hanya didapat pada dagingnya, melainkan juga bijinya. Sayangnya, tak banyak orang yang tahu manfaat biji pepaya bagi kesehatan. Padahal, biji pepaya juga bisa dimakan dengan menghaluskannya terlebih dahulu. Biji pepaya juga bisa dikeringkan dulu, dihaluskan, dan disimpan dalam wadah untuk dikonsumsi. Saat membuat jus pepaya, sebaiknya bijinya pun tidak dibuang.

Biji pepaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Biji pepaya juga baik untuk kesehatan pencernaan, ginjal, dan hati. Jika mengetahui segudang manfaatnya, mungkin Anda akan berpikir dua kali untuk membuang biji pepaya. Berikut manfaat biji pepaya seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Biji pepaya bisa menjadi obat alami untuk membantu mengatasi sirosis hati.  Konsumsi biji pepaya dengan perasan air jeruk nipis selama dua bulan telah terbukti menyembuhkan sirosis hati secara efektif.

2. Biji pepaya juga bekerja sebagai antivirus. Konsumsi biji pepaya dinilai bisa membantu penyembuhan infeksi virus ringan.

3. Biji pepaya juga dipercaya dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker dan tumor. Antara lain kanker usus besar, payudara, leukemia, paru-paru, dan prostat.



4. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa biji pepaya baik untuk kesehatan ginjal, bahkan bisa mencegah gagal ginjal

5. Biji pepaya terbukti bisa membunuh cacing parasit dalam usus karena mengadung alkaloid yang disebut carpaine. Itulah mengapa biji pepaya sering digunakan sebagai obat penyakit cacing kremi.

6. Sama seperti buahnya, biji pepaya juga meningkatkan kesehatan penernaan dan membantu memperlancar sistem pencernaan. Hal ini karena biji pepaya juga mengandung enzim papain yang membantu memecah protein.

Manfaat lainnya, biji pepaya tenyata juga bisa membantu mengatasi penyakit radang sendi karena biji pepaya mengandung zat anti-inflamasi.

Lalu, bagaimana cara untuk bisa mengkonsumsi biji pepaya yang menyehatkan itu? Ada dua cara. Pertama, biji pepaya itu diblender dan disajikan seperti kita membuat jus. Kedua, dengan mengeringkannya, dan meblendernya, sebelum kemudian menyeduhnya seperti kita menyeduh kopi.
Untuk cara kedua, begini langkah yang harus dilakukan.

  1. Cuci biji pepaya, lantas jemur 2-3 hari.
  2. Setelah kering, blender/tumbuk biji pepaya tersebut hingga jadi serbuk.
  3. Ambil satu sendok teh serbuk dan campur dengan satu gelas air hangat. Bisa dicampurkan dengan madu atau sedikit gula agar rasanya lebih nikmat. (Atau bisa dibuat Jus langsung campur daging buah pepaya dengan bijinya dan minum 1-2 gelas jus biji pepaya tersebut setiap hari).

"Buktikan dalam 14 hari pencernaan anda makin sehat tubuh makin bugar. Saya dan keluarga sudah mencobanya, orang tua saya yang sebelumnya kolesterol 270, dalam 10 hari menjadi 170. Pasien saya pun telah menerapkan metode ini. Aman dan alami…," pungkas dokter Wahyu.

sumber : kompas.com, tribunnews.com
CAR,HOME DESIGN,HOSTING,HEALTH,SEO