Inilah Sunnah Rasul ketika Bangun Tidur


INILAH Sunnah Rasul ketika Bangun Tidur
Semua orang mempunyai cara berbeda saat pertama kali membuka mata usai tidur semalaman. Sebagai muslim, kalimat Alhamdulillah tentu disarankan sebagai pujian kepada Allah SWT yang masih memberikan kesempatan untuk menikmati hidup yang indah ini. Ada yang biasanya langsung cek hape? Ada yang langsung lihat jam? Dan lain sebagainya...

Dalam Islam, semua hal bisa menjadi ibadah. Tentu, apabila kita niatkan untuk beribadah kepada Allah SWT. Apalagi tidur. Selain akan membuat kita jadi segar, tidur juga merupakan sebuah karunia besar untuk kita.

Dan luar biasanya Islam, tidak hanya ketika, dan sedang, bahkan bangun tidur pun bisa menjadi pahala. Bangun tidur akan menjadi suatu hal yang sangat menyejukan dan menyegarkan apabila Anda menyadari betapa besar karunia yang telah Allah limpahkan.

Ada beberapa hal yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah kepada kita untuk kita tiru. ketika kita bangun dari tidur. Beberapa ini di antaranya.



1. Mengusap wajah dengan tangan agar hilang kantuk

"Saat Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bangun dari tidur, beliau duduk dan mengusap wajahnya dengan tangannya untuk menghilangkan kantuk," (HR. Imam Muslim).

2. Mengucapkan do`a sebagai berikut :

Alhamdulillaahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihinnusyuur.

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia mewafatkan (menidurkan) kami, dan kepada-Nya kami dibangkitkan.” (HR. Al-Bukhari)

3. Bersiwak

“Apabila bangun dari tidur di malam hari, Rasulallah shallallahu `alaihi wasallam menggosok gigi dengan siwak,” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Manfaatnya :

Dalam media briefing "Sensodyne Expert Sharing" di Aula Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Senin (20/9/2010), drg Robert Lessang, Sp.Perio mencontohkan salah satu kebiasaan menggosok gigi yang tidak tepat.

Menurutnya, kebiasaan menggosok gigi lebih tepat untuk dilakukan saat bangun tidur daripada sesudah sarapan pagi. Tujuannya memang bukan untuk membersihkan sisa makanan melainkan mencegah terbentuknya plak atau karang gigi.

"Sesudah sarapan pagi, pH di mulut turun sehingga risiko terjadinya abrasi atau pengikisan di gigi lebih tinggi. Sebaiknya jangan langsung menyikat gigi setelah makan, beri waktu setidaknya 25 menit," ungkap drg Robert.

Abrasi atau pengikisan gigi menyebabkan lapisan terluar gigi yakni enamel menipis, sehingga lapisan di bawahnya yakni dentin menjadi terbuka. Lapisan dentin ini langsung terhubung dengan syaraf sehingga sangat sensitif jika tidak terlindungi.

Bahkan jika terburu-buru, sisa makanan di gigi cukup dibersihkan dengan dental floss atau berkumur setelah sarapan. Asalkan saat bangun tidur sudah menggosok gigi, maka plak baru mulai terbentuk lagi 4-8 jam sesudahnya.

4. Mendenguskan angin dari lubang hidung

Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda:

“Apabila salah seorang diantara kalian bangun tidur, hendaknya ia mendenguskan angin melalui lubang hidungnya sebanyak 3 kali. Karena syetan biasanya mendekam di lubang hidung,” (HR. Muttafaq `Alaih)

5. Membasuh kedua tangan sebanyak 3 kali

Rasulallah shallallahu `alaihi wassallam bersabda :

“Apabila salah seorang diantara kalian bangun tidur, jangan langsung mencelupkan tangannya ke dalam bejana wudhu sebelum membasuhnya sebanyak 3 kali,” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Manfaat :

Agar tangan kita bersih dari kuman dan kotoran yang melekat di anggota badan kita, apalagi ketika dalam keadaan tidur kita tidak tahu kemana tangan kita bergerak apakah ketempat badan kita yang sensitive ada kuman /kotor atau tidak ,jangankan dalam tidur tidak tertidurpun tanpa kita sadari kadang-kadang tangan kita sering berintraksi kepada sesuatu yang tidak seteril atau bersih dan kuman.

Semoga bermanfaat...

Sumber artikel : dari berbagai sumber


CAR,HOME DESIGN,HOSTING,HEALTH,SEO